Download Tulisan "Menggali dan Mengembangkan Potensi Desa Bektiharjo Menuju Desa Maju dengan IDM di atas 0,7"

Dengan ini Kami upload-kan tulisan dengan judul "Menggali dan Mengembangkan Potensi Desa Bektiharjo Menuju Desa Maju dengan IDM di atas 0,7" yang diikutkan Lomba Menulis Artikel RKW (Rakyat Kreatif Wangun).
Semoga Manfaat !!



MENGGALI DAN MENGEMBANGKAN POTENSI DESA BEKTIHARJO MENUJU DESA MAJU DENGAN IDM DI ATAS 0,7
Oleh: Wirlilik Gundoyo
(Sekretaris Desa Bektiharjo Semanding Tuban)

ABSTRAK

Potensi desa adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.
Bahwa dalam rangka menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki Desa Bektiharjo, maka diperlukan salah satu mekanisme berupa  peningkatan kualitas data pemerintahan desa berbasis data dan angka yang akurat dan kredibel.
Desa Bektiharjo Semanding Tuban memiliki potensi yang sangat besar, baik sumber daya alam, sumber daya manusia maupun kelembagaan/ organisasi. Sampai saat ini, potensi sumber daya yang ada belum dimaksimalkan pemberdayaannya.
Potensi yang dimiliki oleh Desa Bektiharjo antara lain:
    Pertama adalah potensi fisik yang berupa tanah, air, iklim, lingkungan geografis, binatang ternak, dan sumber daya manusia.
    Kedua adalah potensi non-fisik berupa masyarakat dengan corak dan interaksinya, lembaga-lembaga sosial, lembaga pendidikan, dan organisasi sosial desa, serta aparatur dan pamong desa.
Potensi unggulan berupa air berlimpah dengan keberadaan Sendang Bektiharjo dengan debit 800 liter per detik belum dimaksimalkan untuk meningkatkan hasil pertanian. Juga wilayah Dusun Bogor Tengah yang berjarak 5 km dari sumber air Bektiharjo masih mengalami kekurangan air, karena faktor medan dan minimnya jaringan perpipaan.
Potensi SDM Bektiharjo juga menjadi tantangan bersama karena faktor pendidikan warga yang masih rendah dan tuntutan kompetensi yang semakin tinggi untuk measuk ke dunia kerja. Bonus demografi di Bektiharjo juga semakin nyata, karena usia produktif warga Bektiharjo saat ini dari usia 18-60 tahun sudah mencapai angka 65%.
Dalam konteks penilaian desa oleh Kemendes-PDT, Bektiharjo termasuk kategori desa berkembang dengan Indeks Desa Membangun (IDM) 0,6312, masih di bawah desa di sebelahnya. Harapannya pada tahun-tahun mendatang, Desa Bektiharjo mencapai angka minimal 0,7 dan menjadi desa maju.

Keyword
potens desa, bektiharjo, pendidikan, lembaga desa, peningkatan SDM



Tulisan lengkap dapat didownload di sini:
Menggali dan Mengembangkan Potensi Desa Bektiharjo Menuju Desa Maju dengan IDM di atas 0,7

-------------------------
Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

sms:08113010123?body=halo
Telp/SMS : 0811 3010 123

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Tulisan "Menggali dan Mengembangkan Potensi Desa Bektiharjo Menuju Desa Maju dengan IDM di atas 0,7""

Post a Comment