PT EMCL Optimalkan HIPPAM dan Jamban Berbasis Masyarakat

(Kutipan Pihak Ketiga)
Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, Jumat (05/06/2015) meresmikan program pengelolaan air bersih berbasis pengelolaan masyarakat, di SDN III Sumurjalak, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.



Program bantuan air bersih dari PT ExxonMobile Cepu Limited (EMCL) di Desa Sumurjalak itu melibatkan masyarakat sebagai pelaksana program. Melalui organisasi masyarakat yang tergabung dalam Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM).

Sebagai pelaksana program ditingkatan masyarakat, HIPPAM bertanggungjawab penuh terhadap seluruh pembangunan fasilitas air bersih. Dari pencarian titik sumber, pembangunan tower, sampai dengan pemasangan SR yang didampingi LSM.

Program lain yang dilakukan adalah pembangunan fasilitas jamban sehat berbasis masyarakat. Yang dilaksanakan di Desa Gesing, Desa Ngimbang dan Desa Minohorejo. Masyarakat membentuk Tim Sanitasi Desa (TSD) yang bertanggungjawab penuh terhadap pelaksanaan program didampingi LSM.

TSD terdiri dari ibu – ibu PKK dan Bidan desa yang tidak hanya bertanggungjawab dalam pelaksanaan pembangunan jamban sehat. Namun juga bertanggung jawab untuk melakukan pemicuan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)  kepada masyarakat bekerjasama dengan Puskesmas.

Wakil Bupati Tuban, menyambut baik program yang diprakarsai oleh EMCL ini. “Air Bersih sejatinya sangat diperlukan, selain sebagai sarana MCK, air diperlukan dalam kebutuhan ibadah, dalam agama islam, dibutuhkan air bersih yang suci dan mencusikan dalam hal bersuci. Dengan air yang minim maka akan kurang maksimalnya ibadah yang dilakukan. Dengan adanya air bersih yang dapat mengalir disemua rumah dengan waktu 24 jam, otomatis dapat mempermudah semua kebutuhan,” katanya.

Peresmian ini ditandai dengan pembacaan dan penandatanganan ikrar stop BAB Sembarangan dan diakhiri dengan cuci tangan pakai sabun bersama, kemudian pemukulan Gong. Acara ini juga dihadiri oleh Muspika Kecamatan Plumpang, Palang, Widang dan Semanding.

Sumber: http://seputartuban.com/pt-emcl-optimalkan-hippam-dan-jamban-berbasis-masyarakat/
-------------------------
Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

Telp/SMS : 0813 3519 6837

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PT EMCL Optimalkan HIPPAM dan Jamban Berbasis Masyarakat"

Post a Comment