Warga Ngendut dan Watu Ondo Bertaruh Nyawa Demi Air

Kekeringan melanda wilayah perbukitan kapur wilayah Ngendut Dusun Medokan Desa Bektiharjo Kecamatan Semanding, Tuban. Sejak sebulan terakhir sumur-sumur di rumah warga kering, tidak mengeluarkan air.



Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga terpaksa harus naik turun tebing curam setinggi sepuluh meter. Aktivitas berbahaya tersebut dilakukan sedikitnya 5 kali dalam sehari.

"Untuk mandi, masak, sama cuci baju. Di rumah tidak ada air, harus ambil disini," kata Suhanto (45) kepada wartawan.

"Kadang bolak balik empat kali sampai lima kali, gak mesti," lanjutnya sambil mengisikan air ke dalam jeriken yang dibawa.

Suhanto yang rumahnya berjarak 500 meter masih lebih beruntung. Pasalnya jalan setapak dari sumber air ke rumahnya relatif mudah dilintasi, meski sedikit naik turun.

Kondisi memprihatinkan harus dialami belasan Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di atas tebing Watu Ondo. Untuk mendapatkan air bersih mereka terpaksa harus naik turun tebing setinggi 10 meter menggunakan tangga kayu.

Tak hanya sulit dilalui, medan terjal tersebut juga membahayakan nyawa warga. Mereka harus naik turun dengan membawa beban berat. Sementara kondisi tangga kayu sebagai alat utama sudah mulai dimakan usia.

Sedikit saja terpeleset, maka nyawa menjadi taruhannya. Namun perjuangan tersebut tetap harus dilakoni warga demi air bersih agar tetap bertahan hidup.

"Ambil gambar dari bawah sini saja mas, gak usah naik, bahaya kayunya sudah lapuk gini kok," ujar Lukman Hakim, seorang jurnalis yang melakukan peliputan.

"Ya seperti ini jalan desa tidak seperti jalan di kota. Kalau tidak berani jangan naik mas" Sahut Jumirah (50) dari atas tebing.

Menurut Jumirah, sebenarnya ada jalan lain untuk mencapai sumber air. tapi warga enggan menempuhnya karena harus berputar hingga 3 kilometer lebih. Sedangkan jika melintasi tebing itu hanya sekitar 500 meter.

"Kalau saya sudah terbiasa. Setiap hari kalau mau cari air atau kayu ya lewatnya sini," terangnya.

Sumber: detik.com


-------------------------
Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

sms:08113010123?body=halo
Telp/SMS : 0811 3010 123

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Ngendut dan Watu Ondo Bertaruh Nyawa Demi Air"

Post a Comment