Potensi Watu Ondo sebagai kawasan Karst Premium Selatan Tuban

Wilayah selatan Tuban yang merupakan kawasan kars juga memiliki perbukitan  yang view-nya tak kalah dengan Mangun. Tengoklah perbukitan Bogor, Ngendut, Secang, dan Medokan, ketiganya di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Begitu juga di Ngandong, Kecamatan Grabagan dan perbukitan Boto, Kecamatan Semanding.


Berada di dataran di atas awan ini, landscape perkotaan Bumi Wali lebih indah. Apalagi dengan latar Laut Jawa.

Upaya memanfaatkan potensi alam ini pun baru dimulai dari Bogor. Infrastruktur yang dibangun pun baru pagar di atas tebing dan pemasangan paving. Kalau diseriusi, potensi Bogor tak kalah dengan hutan pinus Pengger. Kawasan kars Bogor lebih khas. Satu lagi, dusun ini memiliki Watu Ondo. Watu Ondok adalah akses   tranportasi terdekat dari  Bogor   dan   Secang menuju    Ngendut   dan Medokan.

Sebelumnya, perbukitan Boto, Kecamatan Semanding juga berusaha dijadikan paket wisata. Selain view perkotaan, wisata tersebut dikemas dalam satu paket dengan sumber air Banyulangse. Tempat wisata yang dikelola pokdarwis desa setempat ini pun jalan di tempat.

Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda  dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban Sulitiyadi mengatakan, sulitnya mengembangkan problem wisata di kawasan kars Tuban dipengaruhi banyak hal. Salah satunya terkait sulitnya mengakses lokasi destinasi wisata di atas perbukitan tersebut. Problem berikutnya pengemasan obyek wisata.

Untuk mendorong obyek-obyek wisata tersebut, Didit, panggilan akrabnya menegaskan, institusinya sudah melakukan sejumlah upaya. Salah membantu membuatkan brosur road map atau peta panduan menuju tempat wisata tersebut pada awal 2029. Bantuan lain, proyek paving pada tempat wisata Bogor dan peralatan rafting untuk tempat wisata Banyulangse, Boto. ''Pembinaan terhadap pokdarwis juga terus kita lakukan,'' tegas dia.


-------------------------
Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

sms:08113010123?body=halo
Telp/SMS : 0811 3010 123

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Potensi Watu Ondo sebagai kawasan Karst Premium Selatan Tuban"

Post a Comment