Kesbangpol Tuban, Penjaga Stabilitas Sosial Politik termasuk Bektiharjo

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban mampu menurunkan persentase potensi konflik agama, potensi konflik sosial dan politik, serta peningkatan angka partisipasi politik yang merupakan indikator kinerja utamanya. Tercapainya sasaran strategis tersebut tidak hanya meningkatkan kehidupan masyarakat yang harmonis dan meningkatnya kesadaran politik masyarakat, namun juga mewujudkan kerukunan umat beragama, kehidupan politik, dan sosial.


Seksi Politik dan Kewaspadaan Nasional KERJA sama FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) dan FKDD (Forum Kewaspadaan dini Daerah)

Menjadi garda terdepan pengendalian konflik. Kedua forum tersebut juga mempunyai agenda rutin rapat koordinasi untuk memetakan peta kerawanan sosial, politik, dan agama di Bumi Wali. Kepala Kesbangpol Tuban Didik Purwanto mengatakan, dua forum tersebut berperan sebagai fasilitator maupun mediator dalam setiap potensi konflik, baik itu sosial, agama, maupun politik.

Permasalahan yang berhasil dimediasi dan difasilitasi Kesbangpol pun beragam. Dia mencontohkan kasus pemblokiran jalan akses masuk lokasi tambak udang di Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang. Disampaikan Didik, institusinya bersama unsur terkait memediasi permasalahan hingga berakhir aman dan kondusif. Begitu juga rekonsiliasi keberadaan Yayasan Rahmatan Lil Alamin di Dusun Bogor, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding.

Kesbangpol bersama unsur terkait hadir sebagai mediator agar tidak terjadi gesekan sebagai upaya mencegah terjadinya konflik. Hasilnya, terjadi kesepakatan penandatanganan kedua belah pihak, antara jamaah Yayasan Rohmatan Lil Alamin dan jamaah Masjid Shabilul Mutaqqin dengan Forkopimka Kecamatan Semanding. ‘’Kemelut ini pun berakhir aman dan kondusif,’’ tegas pejabat jebolan pascasarjana kebijakan publik Untag Surabaya itu.

Sumber: radarbojonegoro

-------------------------
Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

sms:08113010123?body=halo
Telp/SMS : 0811 3010 123

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Kesbangpol Tuban, Penjaga Stabilitas Sosial Politik termasuk Bektiharjo"

Post a Comment