Warga Sekitar Gunung Kapur Bektiharjo Berharap Ada yang Membuatkan Sumur Bor

Kemarau yang musti dilakoni 653 warga Dusun Ngendut, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur sepertinya sulit dirubah. Namun keinginan warga untuk mendapatkan air bersih juga terbatas akibat keterbatasan ekonomi.


Laporan ke petinggi desa hingga Bupati Tuban sudah dari tahun ke tahun mereka lakukan. Namun, sampai kinipun realitas pahit tersebut masih saja menggelayut di pundak warga penghuni gunung kapur Tuban selatan tersebut.

"Memang pernah ada bantuan sumur pompa dari Pemkab Tuban, tapi itu sudah lama tidak bisa dipakai. Mau dipakai apa wong airnya sumur kering tiap kemarau," kata Kepala Dusun Ngendut, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Harsid, kepada detiksurabaya.com, Rabu (3\/9\/2008).

Harsid sebenarnya berkeinginan agar warganya bisa hidup berkecukupan air bersih seperti warga desa lainnya. Namun, segala keterbatasan menjadikan 128 kepala keluarga (KK) di Dusun Ngendut bertahan pada serba kekurangan air.

"Kalau bisa kami pingin ada sumur bor yang besar seperti di desa-desa lain. Tapi uang darimana yang akan dipakai membiayai," kata Sumaji (48) warga setempat, saat ditemui di Dusun Ngendut.

Menurut warga, sekitar tahun 1986 lalu pernah ada pengeboran sumur oleh Pertamina untuk mencari sumber minyak. Akan tetapi, pengeboran dengan kedalaman sekitar 65 meter sudah ke luar ainya. Sayangnya setelah ditinggal petugas pengebor, sampai saat ini sumur tersebut tidak dimanfaatkan.

"Kesimpulannya jika ada pengeboran lagi disembarang temat di wilayah Dusun Ngendut, pasti ada airnya. Tapi sampai saat ini belum ada pengeboran dari pemerintah untuk mencari sumber air untuk warga Ngendut," tambah Sumaji di samping sejumlah warga lainnya.

Sumber: detiknews


-------------------------
Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

sms:08113010123?body=halo
Telp/SMS : 0811 3010 123

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Sekitar Gunung Kapur Bektiharjo Berharap Ada yang Membuatkan Sumur Bor"

Post a Comment