Sumur Kering, Warga Dusun Ngendut Bektiharjo Antre Wudlu

Ratusan warga Dusun Ngendut, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Tuban, melewati lebaran dengan keprihatinan. Warga dusun itu harus antri untuk mengambil air wudlu. Pasalnya ketika musim kemarau sumber mata air penduduk kering.


Warga harus pagi-pagi datang ke mata air yang masih ada airnya yaitu Sumur Gondang. Antrian panjang sejak pagi buta terjadi di sumur itu, ratusan warga bergiliran membasuh wajah. Sebagian tampak mandi karena di rumah persediaan air sudah habis.

Empat sumur yang ada yakni, sumur Gondang, Bajangan, dan sumur Cangkring kering padahal sumur-sumur itu selama ini menjadi gantungan pemenuhan air bersih warga.

Setelah wudlu warga kemudian menggelar salat Id di perbukitan. Masjid yang ada tidak punya cukup ruangan untuk menampung 130 kepala keluarga. Masjid itu hanya bisa menampung 20 Jamaah.

Posisi jamaah yang mengikuti salat juga tidak rata. Ada yang berada di tempat tinggi dan ada pula di posisi yang rendah mengikuti kondisi alam setempat.

"Saban tahun kita tetap ikut salat Id. Tapi tempatnya ya seperti ini. Sampeyan bisa melihat sendiri,” kata Sarpan (40) salah satu warga kepada wartawan, Minggu (20/9/2009).

Usai salat dan bersalaman dengan warga lainnya, para pria langsung menuju ke sumur untuk mengambil air. Ratusan jirigen berderet.

Sumber: detiknews


-------------------------
Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

sms:08113010123?body=halo
Telp/SMS : 0811 3010 123

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumur Kering, Warga Dusun Ngendut Bektiharjo Antre Wudlu"

Post a Comment