Serunya Emak-emak Zaman Now di Bektiharjo Berburu Enthung Kepompong Untuk Lauk

Saat musim hujan tiba, warga yang tinggal di pinggiran hutan jati Bektiharjo mulai berburu kepompong ulat atau yang biasa disebut enthung. Kepompong ini biasanya dimasak sendiri untuk lauk pauk atau dijual.


Rukmiatun (45) salah satunya. Ibu rumah tangga asal Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding ini aktif mencari enthung di sela membuka usaha warung kopi.

Dengan berbekal tas plastik, karung dan toples, Rukmiatun dengan cekatan mengambil dan mengupas dedaunan pohon jati kering yang telah dibuahi kepompong ulat di dalamnya.

Perburuan kepompong ini selalu terjadi saat musim hujan tiba. Ini dilakukan di area hutan pohon jati yang hanya berjarak 2 kilometer dari perkampungan warga. Setiap hari lebih dari 3 hingga 4 jam, Rukmiatun menghabiskan waktunya di bawah pohon jati yang mulai bersemi.

Menurut wanita yang dikaruniai dua anak ini, sebagian hasil kepompong hasil buruannya biasanya dijual kembali ke tengkulak dan ada yang dibawa pulang untuk dimasak sendiri.

"Ini terjadi saat musim pancaroba. Setahun sekalilah cari enthung di hutan. Hasilnya ada yang saya jual, kadang ya dibawa pulang sebagian," ujar Rukmiatun sembari melihatkan enthung di telapak tangannya, Rabu (5/12/2018).

Setiap berburu enthung, sedikitnya 2-3 kg didapatkan. Dan dijual ke tengkulak dengan harga Rp 30 ribu per toples ukuran 500 gram.

"Per kobok atau toples kecil setengah kg itu dibeli Rp 30 ribu oleh tengkulak," kata rekan Rukmiatun, Ngatemi (45) warga Desa Bektiharjo sambil tersenyum.

Ia mengaku tak kurang dari sehari sudah mendapatkan uang Rp 100-Rp 150 ribu jika enthungnya dijual semua.

Selain Rukmiatun dan Ngatemi, puluhan ibu-ibu di beberapa desa di dekat hutan jati juga ikut berburu enthung. "Kalau saya dimasak sendiri jadi oseng-oseng. Dicampur irisan lombok, bawang merah, tomat dan sebagainya," jelas Siti (32). 

Sumber: detik.com dg perubahan seperlunya

-------------------------
Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

sms:08113010123?body=halo
Telp/SMS : 0811 3010 123

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Serunya Emak-emak Zaman Now di Bektiharjo Berburu Enthung Kepompong Untuk Lauk"

Post a Comment