Bukan Ulat Bulu, yang Ada 'Teror' Ulat Pohon Jati di Bektiharjo Semanding

'Teror' ulat bulu yang menghebohkan sejumlah daerah di Jawa Timur dipastikan tidak terjadi. Yang ada bukanlah 'teror' ulat bulu, melainkan ulat pohon jati. Kondisi semacam ini lumrah terjadi di musim penghujan, tak terkecuali di Bektiharjo Semanding Tuban.


Diakui warga, ulat pohon jati yang bermunculan di Bektiharjo lebih ekstrem karena bergelantungan hingga ke tengah jalan dan merambat ke pemukiman warga.

Seperti halnya yang terlihat di sepanjang jalan di Desa Bektiharjo Semanding. Di sepanjang jalan ini memang banyak ditumbuhi pohon jati.

"Sebenarnya ulat ini tidak gatal. Bagi warga sekitar biasa ini karena musim hujan tiba. Tapi bagi orang luar sini bisa takut dan jijik karena banyak yang gelantungan di pohon," ujar salah satu warga Desa Bektiharjo, Yoso , Selasa(11/12/2018).

Bahkan warga yang berjalan kaki maupun naik kendaraan bermotor harus ekstra hati-hati saat melintasi jalan ini karena saking banyaknya ulat yang bergelantungan.

Namun di lokasi lain, tepatnya di kawasan hutan jati yang terletak di dusun lain. Ulat-ulat pohon jati yang banyak ditemukan di kawasan ini rata-rata sudah berjatuhan ke tanah dan menjadi enthung (kepompong).

"Malah seneng pak banyak ulat jati. Warga sekitar bisa cari enthung untuk dimasak," tutur Ngapini.

Warga pun tak mempedulikan banyaknya ulat pohon jati yang bergelantungan di pohon. Mereka asyik berburu kepompong untuk diolah menjadi santapan atau dijual. 


-------------------------
Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

sms:08113010123?body=halo
Telp/SMS : 0811 3010 123

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bukan Ulat Bulu, yang Ada 'Teror' Ulat Pohon Jati di Bektiharjo Semanding"

Post a Comment