Mengenal Lebih Dekat HIPPAM Sumber Lancar Desa Bektiharjo Semanding Tuban

HIPPAM Sumber Lancar adalah singkatan dari Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum yang merupakan salah satu wadah atau lembaga yang sah menurut perundangan dan peraturan pemerintah untuk menyenggarakan dan mengelola sistem penyediaan air bersih demi kepentingan masyarakat di Desa Bektiharjo Semanding Tuban.


Bergerak di bidang jasa penyediaan air bersih dengan sistem yang telah ditentukan oleh pemerintah, sistem pengelolaan HIPPAM Sumber Lancar lebih pada orientasi sosial (bukan profit).

Sistem kelembagaannya terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara, selain itu ada juga badan pengawas.

Dengan SK dari Kepala Desa Bektiharjo, kepengurusan HIPPAM Sumber Lancar sudah dirasa cukup kuat untuk eksis dan bekerja.

Adapun kepengurusan dipilih langsung oleh masyarakat dengan azas musyawarah warga dan azas demokratis dimana kebijakan dan keputusan tertinggi terletak pada forum atau musyawarah warga. Dengan demikian, berarti, pengurus hanya dapat mengambil kebijakan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang telah disetujui warga sebagai pemanfaat penuh air bersih.

Selain dari AD/ART ada aturan-aturan dan perundang-undangan yang juga tidak boleh dilanggar dalam sistem pengelolaan air bersih.

Hal ini sangat logis dan sangat bisa dipahami untuk ditaati dikarenakan Air merupakan sumber energi alam yang harus dijaga kelestariannya.

Adapun Peraturan dan perundang-undangan dimaksud adalah:
1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor: 16 Tahun 2005 Tentang Sistem Penyediaan Air Minum.
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 07 Tahun 2005 Tentang Sumber Daya Air.
3. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 18/PRT/M/2007 Tentang Penyelenggaraan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.
4. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 01/PRT/M/2009 Tentang Penyelenggaraan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Bukan Jaringan Perpipaan.
5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor: 42 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Air.

Info HIPPAM Sumber Lancar: Pak Lilik - 0811 3010 123
-------------------------
Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

Telp/SMS : 0813 3519 6837

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat HIPPAM Sumber Lancar Desa Bektiharjo Semanding Tuban"

Post a Comment