HIPPAM Sumber Lancar Bektiharjo, Antara Perjuangan, Kendala dan Solusinya

Dalam memenuhi kebutuhan akan air bersih, warga Desa Bektiharjo berupaya dengan menempuh jarak yang cukup jauh dan sulit dijangkau. Tidak hanya itu, jarak yang jauh dan aksesibilitas air yang sulit membuat warga terpaksa bergantung dengan bantuan mobil tangki air dari pemerintah. Kondisi kesusahan seperti ini terus berlangsung hingga tahun 2010 yang bertepatan  saat berdirinya Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) Sumber Lancar Desa Bektiharjo.


Dari awal berdiri hingga saat ini, terdapat berbagai kendala yang dihadapi HIPPAM Sumber Lancar untuk memberikan pelayanan air minum. Kendala yang rutin dihadapi adalah adanya tunggakan dalam penarikan iuran. Persoalan ini jelas cukup memberatkan, mengingat uang dari hasil iuran akan digunakan untuk pembayaran listrik PLN. Kendala lain yang juga cukup mengganggu adalah kerusakan mesin pompa yang terjadi karena faktor penggunaan, umur, dan faktor sering mati listrik. Belum lagi jika kemudian harus berhadapan dengan warga yang membuat jaringan pipa seenaknya, tanpa koordinasi dengan pengurus HIPPAM. Namun, semua kendala tersebut tidak menyurutkan semangat dari HIPPAM Sumber Lancar untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Keuletan HIPPAM Sumber Lancar ini bukan sekedar isapan jempol belaka. Dari segi cakupan, HIPPAM Sumber Lancar merupakan salah satu HIPPAM dengan cakupan layanan terluas dan terbesar di Kecamatan Semanding Tuban. Setidaknya sampai saat ini HIPPAM telah berhasil melayani lebih kurang 1800 sambungan rumah atau setara dengan pelayanan terhadap 6500 jiwa. Selain itu, HIPPAM Sumber Lancar juga telah melayani dan membantu desa yang lain yang ada wilayah Kecamatan Semanding. Semua pencapaian ini tentunya sangat membanggakan, di mana capaian ini dapat terlaksana berkat dukungan dari semua pihak, baik dari jajaran pengurus HIPPAM Sumber Lancar maupun instansi pemerintah seperti Camat Semanding, Dinas kesehatan, dan Dinas PRKP dan PUPR Kabupaten Tuban.

Menyadari bahwa air adalah sumber yang bisa habis, HIPPAM Sumber Lancar berencana melakukan program pelestarian sumber air yang bekerja sama dengan Dinas LH Tuban dan Pihak Perum Perhutani.  Melalui kerjasama tersebut HIPPAM akan melakukan reboisasi lahan seluas 12 hektar di Desa Bektiharjo.

Info Lebih Lanjut: Pak Lilik - 0811 3010 123

-------------------------
Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

Telp/SMS : 0813 3519 6837

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HIPPAM Sumber Lancar Bektiharjo, Antara Perjuangan, Kendala dan Solusinya"

Post a Comment