Ratusan Pelaku Seni Tradisional Tuban Ikuti Kirab Budaya Menuju Pemandian Bektiharjo

Ratusan pelaku seni tradisional di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mengikuti kirab budaya, Rabu (6/11/2019). Kirab Seniman langen tayub itu diberangkatkan dari Alun-alun Tuban menuju Sendang Widodaren, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Para seniman tradisional itu akan mengikuti prosesi siraman. 


Prosesi tahunan kali ini berbeda. Jika tahun-tahun sebelumnya siraman langen tayub Tuban dilakukan di obyek wisata pemandian alam Bektiharjo, kini prosesi dimulai dari pusat Kota Tuban.

Wakil Bupati Tuban H Noor Nahar Hussein yang didampingi Forkopimda, dan Sekda Tuban Budi Wiyana memberangkatkan para peserta kirab. Tercatat kirab pelaku seni tradisi ini diikuti 80 waranggono, 55 pramugari, 45 pimpinan karawitan, 25 komunitas Persatuan Pedalangan Indonesia, 20 komunitas perias, 25 Persatuan Masyarakat Budaya Indonesia, dan 15 komunitas soundsystem.

Noor Nahar Hussein menyampaikan, kesenian Langen Tayub menjadi ciri khas Kabupaten Tuban yang akan terus dilestarikan. Tuban menjadi sentra seniman Langen Tayub di Jawa Timur, selain Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Madiun.

"Melalui kegiatan ini, menjadi wahana edukasi bagi masyarakat. Khususnya bagi generasi muda sebagai langkah awal untuk regenerasi seniman dan budayawan Langen Tayub," kata Wabup Tuban.

Ia mengatakan, Pemkab Tuban berkomitmen untuk mengembangkan kesenian dan kebudayaan di wilayahnya. Salah satunya tengah disusunnya Raperda Kabupaten Tuban tentang Kebudayaan.

"Diinstruksikan agar Dewan Kesenian Daerah, pelaku seni dan budayawan hendaknya dilibatkan dalam pembahasannya sehingga terakomodir semua kepentingan," ujarnya.

Diharapkan berbagai potensi wisata maupun kesenian dapat terus dikembangkan, sehingga Tuban menjadi salah satu jujukan destinasi wisata kesenian di Jawa Timur.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban Sulistiyadi menerangkan, kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Jadi ke-726 Kabupaten Tuban. Agenda seni tahunan ini dimaksudkan untuk mengembangkan potensi seni sebagai aset penting daerah.

"Di samping itu sebagai wahana untuk meningkatkan SDM pelaku seni di Bumi Wali. Juga sebagai sarana edukasi dan rekreasi masyarakat," ujar Sulistiyadi.

Adapun rute kirab budaya melewati Jalan Veteran, Basuki Rahmat, Brawijaya, Hayam Wuruk, Semanding, Papringan, Ngasinan, dan selesai di objek Wisata Bektiharjo, Kabupaten Tuban. Sepanjang rute kirab, masyarakat antusias menyaksikan dan mengabadikan iringan kirab.


Sumber: www.timesjatim.com

-------------------------
Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

sms:08113010123?body=halo
Telp/SMS : 0811 3010 123

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone


 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ratusan Pelaku Seni Tradisional Tuban Ikuti Kirab Budaya Menuju Pemandian Bektiharjo"

Post a Comment