Ngopi bareng segenap warga, RT, RW, BPD Desa Bektiharjo, Kerja Bakti, Prunning Jati di Tanah Kas Desa di Mah Ireng 08-04-2018

Upaya untuk mewujudkan Desa Bektiharjo yang lebih baik, sekaligus mendekatkan diri dengan masyarakat, maka PemDes Bektiharjo mengundang segenap warga, Ketua RT-RW, BPD, LPMD untuk mengikuti Ngopi bareng sekaligus kerja bakti, prunning/pemangkasan jati di tanah kas desa Mah Ireng, Rorowangun Bektiharjo (08/04/2018).

Acara ini berlangsung sejak pagi jam 07.00 sampai jam 10-an, dan dihadiri sekitar 20-an orang terdiri dari RT, RW, BPD, warga Desa Bektiharjo.
Output acara tersebut antara lain:
- Tertatanya kembali lahan desa yang ada di Mah Ireng.
- Prunning/pemangkasan jati berhasil merapikan ratusan pohon yang ada, dan diharapkan pertumbuhannya semakin baik.
- Silaturahmi terjaga antara warga dan perangkat desa.
- Warga dan aparat desa menjadi tahu progress jati yang ditanam 6 tahun lalu, dimana waktu itu yang menanam juga warga dan aparat.
- Program ngopi secara informal merupakan gebrakan yang termasuk baru di desa ini, dan ditanggapi positif oleh warga. Ke depan akan lebih banyak lagi event serupa.
 
Secara teknis, dapat dijelaskan bahwa kayu jati dikatakan bermutu bagus bila diperoleh dari log (gelondongan batang kayu) yang bulat lurus tanpa cacat bekas ranting percabangan.
Untuk mendapatkan yang seperti itu dilakukan tindakan "pruning" sedari awal masa pertumbuhan tanamannya.
Teknik pruning alias pangkas ranting percabangan pohon itu dapat dilakukan dengan dua macam cara. Yaitu secara manual atau pun alamiah.
Cara manual cukup merepotkan, karena perlu banyak tenaga tukang pangkas setiap kali tumbuh cabang.
Sedangkan cara alamiah selain hemat tenaga manusia juga lebih menjamin tingkat mutu kayunya, karena tanpa timbul lubang mata kayu bekas cabang pohon itu.
Teknik pruning alamiah adalah dengan membuat jarak kerapatan antar pohon, di awal masa pertumbuhan.

Reff: sugayo.blogspot.com

-------------------------
Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

Telp/SMS : 0813 3519 6837

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ngopi bareng segenap warga, RT, RW, BPD Desa Bektiharjo, Kerja Bakti, Prunning Jati di Tanah Kas Desa di Mah Ireng 08-04-2018"

Post a Comment